Menu

Kamis, 30 Juli 2009

Tamiflu Bahaya Bagi Ibu Hamil dan Bayi

Kamis, 15 Desember 2005 17:26
KapanLagi.com - Para dokter di Singapura menyarankan perempuan hamil dan bayi yang berusia di bawah satu tahun tak mengkonsumsi Tamiflu, obat anti-flu unggas.

Sebuah tulisan yang diterbitkan di Channel NewsAsia, Rabu (15/12/05) mengatakan Tamiflu mengencerkan darah dan mungkin memiliki dampak pada bayi seperti sakit perut, keluar darah dari hidung, serta infeksi telinga dan mata.

Para dokter itu, yang percaya bahwa penggunaan tak layak Tamiflu dapat merusak sistem kekebalan manusia, mengatakan perempuan hamil mesti menghindari penggunaan obat tersebut karena obat itu belum diujicoba pada perempuan hamil.

Belum terbukti bahwa Tamiflu mungkin mengakibatkan orang berhalusinasi meskipun dua pemuda Jepang dilaporkan telah melakukan upaya bunuh diri setelah menggunakan obat tersebut, katanya.

Menteri Kesehatan Singapura [n]Khaw Boon Wan bulan lalu mengatakan Singapura terus mengamati keamanan Tamiflu secara seksama dan berkonsultasi dengan Dinas Obat-Obatan dan Makanan AS.

Tersiar laporan di Singapura mengenai orang yang muntah dan menderita mual setelah menggunakan Tamiflu, kata Menteri itu.

Tamiflu, yang ditemukan oleh perusahaan AS --Gilead-- dan lisensi diberikan kepada Roche pada 1996, telah terbukti efektif dalam menghadapi virus flu unggas A dan B dan H5N1, yang mengancam dunia. (rit)

0 komentar:

Posting Komentar